Minggu, 03 Juni 2012

KELOMPOK DALAM ORGANISASI

Kelompok 

adalah kumpulan orang yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi. Kelompok diciptakan oleh anggota masyarakat. Kelompok juga dapat memengaruhi perilaku para anggotanya.

Peran individu dalam kelompok

Pelibatan dan partisipasi anggota {individu} dalam organisasi menjadi menjadi lebih penting ketika organisasi tersebut memulai suatu fungsi karena tanpa keterlibatanya kegunaan atau fungsional organisasi tersebut tidak akan berjalan sebagaimana mestinya.

Keterlibatan dan partisipasi juga cenderung menghasilkan suatu kinerja, pola kegiatan serta hasil dari keterlibatan seluruh unsur manusia dalam organisasi akan menghasilkan suatu fungsi dalam organisasi.

Masing–masing dari individu tersebut di dalam suatu organisasi mempunyai peran yang beragam dan mempunyai keterikatan terhadap suatu wadah, yaitu organisasi. Individu merupakan komponen vital dalam suatu organisasi tetapi tidak efisien jika “individu” ingin mencapai suatu tujuan dasar organisasi. Karena individu tidak mempunyai struktur dan sistem untuk mencapai suatu tujuan organisasi.

Kelompok formal


Pada kelompok ini ditandai dengan adanya peraturan atau anggaran dasar (AD), Anggaran Rumah Tangga (ART) yang ada. anggotanya diangkat oleh organisasi Contoh dari kelompok ini adalah semua perkumpulan yang memiliki AD/ART.


Kelompok informal 


Merupakan suatu kelompok yang tumbuh dari proses interaksi, daya tarik, dan kebutuhan-kebutuhan seseorang. Keanggotan kelompok biasanya tidak teratur dan keanggotaan ditentukan oleh daya tarik bersama dari individu dan kelompok Kelompok ini terjadi pembagian tugas yang jelas tapi bersifat informal dan hanya berdasarkan kekeluargaan dan simpati. Misalnya: kelompok arisan.




Pada saat saya tergabung dalam sebuah kelompok disana saya
berinteraksi dengan sesama rekan kelompk saya dan banyak masalah juga yang timbul di dalam kelompok tersebut, maslah yang sering timbul dalam suatu kelompok adalah beda pendapat antara sesama anggota kelompok,tetapi untuk mengatasi itu dengan cepat ketua kelompok saya membuat keputusan dengan mengadakan pemilihan atau juga bisa disebut dengan pengambilan suara terbanyak.




Sumber

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Kelompok_sosial
  • http://careabouteducation.wordpress.com/2011/09/22/peran-individu-dan-kelompok-dalam-suatu-organisasi/
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Dinamika_kelompok
  • https://www.google.co.id

 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar